Back To HOME

Jumat, September 11, 2009

TIPS Mengelola WARNET







TIPS Ringan Mengelola WARNET

Sekedar berbagi pengalaman dalam mengelola Bisnis Warnet

Prinsip pemasaran adalah bagaimana kita menganalisa kebutuhan pelanggan dan membuat keputusan yang bisa memuaskan pelanggan kita lebih dari para pesaing dan berujung pada terjadinya transaksi penjualan yang lebih baik pula.

Mengelola sebuah warnet dibutuhkan sebuah konsentrasi dan kiat manajemen agar usaha kita dapat bersaing dan memperoleh keuntungan yang optimal.
Beberapa unsur yang musti kita perhatiin adalah diantaranya :



1. PRODUK

Produk utama sebuah warnet tentunya adalah koneksi internet. Koneksi yang baik (lebih cepat lebih baik :)) karena ini adalah bisa dikatakan syarat mutlak. Namun sekarang kita sudah nadk perlu khawatir lagi mengenai koneksi internet yang sip. apalagi kalo kita letaknya di daerah perkotaan dan banyak terdapat sekolah dan kampus. sudah bisa dipastikan disitu pasti sudah berjamuran ISP yang menyediakan layanan yang cepat, murah dan handal. karena mereka sudah pasti saling bersaing satu sama lainnya. Namun bagi warnet yang terletak didaerah pinggiran kota atau pedesaan, speedy saat ini sudah bisa diandalkan kok. Cari aja paket yang timebased. ndak usah pake paket yang untuk warnet dulu. sambil kita liat perkembangan dari pengunjung warnet kita dalam 3 bulan terakhir.

Namun berbicara tentang produk. Hampir setiap warnet yang pernah kami pantau ternyata justru produk layanan internet adalah hanya menjadi salah satu bagian dari beberapa produk yang bisa disediakan di dalam sebuah warnet.
Beberapa item produk yang bisa kita sediakan diantaranya :
- Jasa Pengetikan / rental komputer
- Jasa pengetikan Tugas Sekolah / Skripsi
- Jasa Servis komputer, printer, laptop
- Jasa pembasmian virus komputer/laptop/flasdisk
- Jasa Copy CD / DVD
- Jasa Scan File / foto
- Jasa Fax
- Jasa pengiriman email
- Jasa info lowongan kerja
- Game Jaringan Komputer
- GAME ONLINE
- Jasa Cafe Internet ( snack & Softdrink )
- Penjualan peripheral komputer
- Penjualan komputer/laptop


2. TARIF

Usahakan dalam menentukan tarif warnet adalah kita samakan dengan harga terendah dari warnet yang ada disekitar kita. jangan khawatir rugi. Dengan catatan Produk yang lain juga harus kita sediakan dan lebih kita variasikan terus.

Mengacu pada perang tarif yang terjadi pada bisnis operator seluler, kita juga kudu bisa pinter2 cara variasi jenis produk semisal perbedaan antara harga umum, pelajar, paketan jam internetan, happy hour, paketan untuk lebih dari 1 orang pengunjung.
Sediakan Doorprize yang bisa menarik pengunjung sebanyak-banyaknya.

3. Tempat dan Layout Warnet

Dalam hal ini kita kudu rajin2 mengadakan studi banding ke tempat warnet2 lain yang terkenal ramai pengunjung. Kita memposisikan sebagai pengunjung. Saya yakin apa2 yang bisa bikin kita ngerasa nyaman pasti juga dirasain oleh pengunjung warnet kita.

Sebuah warnet tidak melulu kudu mewah untuk bisa menjadi nyaman bagi para pengunjungnya. Kebersihan dan kerapihan adalah faktor yang cukup significant. Selain itu software atau aplikasi yang ada di komputer warnet kita juga diusahakan selalu uptodate.

4. PROMOSI

Bagian terakhir ini ternyata sering dilupakan oleh para pemilik usaha warnet. Mereka berfikir untuk ber PROMOSI harus disediakan budget khusus dan pasti mahal. Padahal ternyata ada beberapa jenis promosi murah yang bisa kita lakukan. diantaranya :
- promosi lewat website
- promosi metode barter dengan sekolah2 atau kantor
- promosi lewat brosur2 ringan namun memuat materi yang berbobot

Nah, selain dari itu semua yang kita usahakan diatas, jangan lupakan unsur yang paling akhir adalah unsur tangan Tuhan, tangan Alloh SWT. kita kudu senantiasa setelah berikhtiar dengan 4 cara diatas yang ke 5 adalah tawakal dan tidak bosan berdoa kepada Alloh SWT.

inilah yang dinamakan TIPS 4 SEHAT 5 SEMPURNA dalam mengelola WARNET

semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Klik DIbawah ini untuk Tambahan Penghasilan

Online Status

JAM